Isi Artikel

Dalam dunia kerja, produktivitas karyawan merupakan faktor penting. Tanpa adanya karyawan yang produktif dalam suatu perusahaan, kelangsungan perusahaan pasti terhambat. Namun, tidak ada formula khusus untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Setiap perusahaan akan mengambil jalannya sendiri. Oleh karena itu, tidak heran jika kita sering menjumpai mitos produktivitas karyawan yang dianggap sebagai “trik” untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Berikut adalah beberapa mitos populer tentang produktivitas karyawan agar Kamu tidak terjebak dalam trik palsu.

Bekerja tanpa istirahat akan lebih produktif

Poin ini dibagikan oleh banyak orang. Menjadi tidak produktif karena banyak orang yang menganggap istirahat hanya membuang-buang waktu. Ternyata anggapan itu salah. Banyaknya pekerjaan, selalu mengingkari janji, bahkan duduk terlalu lama saat bekerja di kantor semua bisa berdampak negatif bagi kesehatan Kamu. Tidak hanya kesehatan mental, tetapi juga kesehatan fisik. Tugas dan tenggat waktu yang padat akan selalu membebani pikiran Kamu. Jika dibiarkan, efeknya bisa berbahaya. Kamu cenderung stres. Hal yang sama berlaku untuk kesehatan fisik Kamu. Duduk terlalu lama tidak baik untuk kesehatan. Jadi, istirahat justru sangat diperlukan untuk menjadi lebih produktif. Dengan jiwa dan raga yang sehat, Kamu tentu lebih mudah menyelesaikan pekerjaan.

Produktivitas kerja bisa dicapai karena jam kerja panjang

Jam kerja yang panjang tidak meningkatkan produktivitas Kamu. Faktanya, jam kerja yang panjang memengaruhi tingkat konsentrasi dan kesehatan Kamu. Alih-alih fokus pada pekerjaan untuk waktu yang lama, Kamu menjadi lelah dan kehilangan fokus lebih cepat. Ini karena tubuh Kamu memiliki daya tahannya sendiri. Jika Kamu membebani stamina Kamu dengan bekerja berjam-jam, kemungkinan besar Kamu akan sakit. Jelas, ketika Kamu sakit, Kamu tidak bisa produktif. Untuk melakukan ini, disarankan untuk istirahat dari pekerjaan. Tidak harus terlalu lama, bisa dari 15 menit hingga 30 menit. Mengambil istirahat sejenak dari pekerjaan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan kembali konsentrasi. Juga, tubuh mereparasi untuk bekerja.

produktivitas kerja

Karyawan yang ulet memiliki meja yang berantakan

Tugas yang padat dan tenggat waktu yang ketat dapat memenuhi meja Kamu dengan banyak hal, mulai dari dokumen hingga dokumen yang tidak sempat Kamu buang. Dari luar, ini memberi kesan bahwa Kamu sangat produktif. Namun, ini tidak selalu benar. Kenyataannya, memiliki meja yang berantakan sebenarnya bisa menyulitkan Kamu. Bayangkan harus mencari dokumen dan memiliki meja yang berantakan, tentu saja sulit ditemukan. Jika pencarian memakan waktu lama, pekerjaan Kamu akan menjadi tidak efisien dan Kamu tidak akan dapat mengakses produktivitas Kamu. Jadi pastikan untuk mengatur meja Kamu secara teratur. Terkadang "membersihkan" meja Kamu tidak ada salahnya, bahkan jika Kamu adalah tipe orang yang lebih nyaman dalam suasana yang berantakan.

Produktivitas adalah melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu

Ada anggapan bahwa multitasking dapat meningkatkan produktivitas Kamu. Multitasking di sini berarti Kamu dapat melakukan banyak hal sekaligus. Apakah asumsi ini benar? Anggapan ini ternyata salah. Multitasking sebenarnya menghambat peningkatan produktivitas.

Jika Kamu memiliki lebih dari satu hal yang harus dilakukan pada saat yang sama, konsentrasi Kamu juga akan berkurang. Akibatnya, Kamu tidak bisa berkonsentrasi pada dua hal tersebut. Otak Kamu tidak dirancang untuk fokus pada dua hal pada saat yang sama kecuali Kamu dilatih dengan cara khusus. Tentu saja hal ini tidak efektif dan justru membuang-buang waktu. Kami menyarankan Kamu menjalankan tugas satu per satu. Setelah menyelesaikan tugas A, lanjutkan ke tugas B. Cara ini lebih efisien daripada melakukan semuanya sekaligus.

Kerja terburu-terburu sama dengan kerja lebih produktif

Sebenarnya, produktif merupakan mengenai merampungkan tugas menggunakan baik, sinkron menggunakan sasaran awal. Namun, poly yg tahu bahwa produktivitas selalu terkait menggunakan kerja yg cepat & ringkas. Dengan bekerja cepat, maka Kamu mampu merampungkan poly tugas. Ya, sekilas hal ini akan tampak produktif, akan tetapi benarkah?

Saat Kamu bekerja menggunakan cepat & cenderung terburu-buru, risiko terjadinya kesalahan akan semakin besar. Terburu-buru akan menciptakan Kamu nir teliti sebagai akibatnya kemungkinan terjadi error akan besar. Bekerjalah menggunakan efektif & efisien. Ini tidak sama menggunakan bekerja menggunakan cepat. Efektif & efisien berarti Kamu mampu memanfaatkan ketika sebaik mungkin.

Mitos seputar produktivitas karyawan sangat sering kita jumpai. Semoga artikel di atas bisa membantu Kamu untuk menghindari mitos seputar produktivitas karyawan.

Artikel Terkait
Glints vs Qneksi. Platform mana yang terbaik untuk mencari kerja?
Hiring
Glints vs Qneksi. Platform mana yang terbaik untuk mencari kerja?
Catatan! Ini dia 6 tips mencari pekerjaan di masa pandemi
Hiring
Catatan! Ini dia 6 tips mencari pekerjaan di masa pandemi