Isi Artikel

Bagaimana jika produk teman lewat ketika Anda menggeser jari Anda di jejaring sosial? Atau apakah Anda perusahaan yang menjalankan campaign digital? Atau mungkin Anda salah satu pemilik bisnis yang menjalankan promosi digital? Kini konsep digital marketing banyak dipraktikkan oleh para pebisnis. Buat Anda yang masih belum paham dengan konsep digital marketing, baca terus artikel di bawah ini!

1. Apa Pengertian Konsep Digital Marketing?

Konsep pemasaran digital dalam arti luas adalah setiap kegiatan pemasaran atau promosi merek dan produk dengan menggunakan media digital. Misalnya, jika Anda memiliki produk dan ingin menjualnya, Anda dapat membuat akun media sosial melalui Instagram atau Tiktok.

Tujuan dari digital marketing tentu saja untuk menjangkau konsumen dengan cepat dan mudah. Konsep pemasaran digital ini dapat menjangkau khalayak yang sangat luas. Tapi ingat, perusahaan bersaing untuk membuat konten yang menarik juga! Konsep pemasaran digital ini dapat digunakan untuk semua jenis bisnis dan dapat menjangkau target audiens tertentu. Semua gadget tersedia! Penting untuk mempelajari konsep Attention, Interest, Desire and Behavior (AIDA) sebagai dasar penerapan konsep digital marketing.

2. Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing yang perlu Anda tahu!

Meskipun begitu, konsep digital marketing tetap memiliki kekurangan dan kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Tidak semua channel digital marketing cocok untuk bisnismu. Anda juga perlu bersiap dengan pesaing pesaing bisnis.

Kelebihan Digital Marketing

  1. Dapat Menyebar secara Cepat

Strategi pemasaran digital dapat menjangkau konsumen dengan sangat cepat. Misalnya, setelah Anda mengunggah konten ke Instagram, calon konsumen dapat melihat konten Anda secara langsung. Apalagi saat konsumen mengaktifkan notifikasi download.

  1. Mudah untuk Melakukan Evaluasi

Anda dapat mengukur berapa banyak prospek yang Anda terima melalui media sosial. Ini membuktikan lebih. bukan? Konsep pemasaran digital sangat memudahkan untuk membuat konten yang sesuai dengan produk Anda.

Juga sangat penting untuk melakukan penilaian berdasarkan data yang Anda terima untuk melihat apakah pemasaran Anda efektif.

  1. Menjangkau Konsumen

Konsep pemasaran digital ini memiliki khalayak yang luas. Jadi Anda dapat terhubung ke seluruh dunia hanya dengan menggunakan internet! Tentu saja, kami ingin menjangkau pelanggan kami. Iklan media sosial dapat digunakan untuk mengidentifikasi target konsumen, tempat tinggal mereka, dan akun media sosial yang mereka ikuti.

Beberapa platform juga menawarkan formulir pemesanan otomatis, memungkinkan Anda untuk melayani pelanggan kapan saja, di mana saja. Jika masih belum sempat membalas pesan, Anda bisa menggunakan bot untuk membalas pesan dari pelanggan.

  1. Cukup Murah dan Efektif

Tentu saja, pemasaran digital jauh lebih efektif daripada pemasaran tradisional. Selain itu, beberapa perusahaan dan target konsumen telah pindah ke pasar digital.

Jenis pemasaran digital tertentu adalah saluran gratis yang dapat Anda manfaatkan secara maksimal.

  1. Membangun Nama Brand

Berada di dunia maya berkontribusi pada pembangunan merek. Hal ini memudahkan orang untuk browsing internet sebelum membeli suatu produk.

Anda juga dapat berinteraksi untuk lebih dekat dengan pelanggan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan konten yang Anda butuhkan untuk membangun kesadaran merek.

Kekurangan Digital Marketing

Dibutuhkan beberapa percobaan dan kesalahan, dan tentu saja, strategi pemasaran digital tidak selalu berhasil. Jika Anda masih belum memiliki manajemen strategi yang tepat, Qneksi solusinya!

digital marketing solusi

3. Bagaimana sih cara memulai Digital Marketing?

  • Siapkan alat yang akan Anda gunakan sebagai sarana pemasaran

Ada banyak alat pemasaran digital yang dapat membantu pemasaran. Alat-alat digital ini juga dapat disesuaikan dengan jenis pemasaran digital yang Anda gunakan. Alat-alat ini juga merupakan aset untuk pemasaran digital tambahan.

  • Siapkan konten yang menarik dan sesuai dengan konsumen

Konten yang baik adalah konten yang menarik perhatian dan bersifat informatif. Konten dapat berupa foto, video, atau teks. Sebelum membuat konten, Anda perlu memutuskan tujuan pemasaran digital apa yang ingin Anda capai.

Anda juga harus mempertimbangkan target pasar yang akan dilihat konten Anda. Ini memungkinkan Anda memperkirakan jumlah prospek yang akan Anda terima di sepanjang jalur pembelian Anda.

  • Unggah konten dan lakukan evaluasi

Konten yang Anda buat tentu saja diunggah ke saluran pemasaran digital yang ditunjuk. Maka Anda perlu menilai setiap unduhan dari setiap saluran pemasaran digital. Anda perlu tahu konten mana yang memberikan umpan balik atas upaya Anda dan fokus pada konten yang bagus.

Anda dapat mengukur jumlah konten yang Anda hasilkan untuk menarik dan memikat pelanggan agar membeli atau menggunakan layanan Anda. Ini akan memberi konsumen ide yang lebih baik tentang konten yang membuat mereka langsung membeli produk Anda.

  • Masuk dan Bergabung

Jika Anda perlu mendaftar ke pasar, Anda dapat mulai mendaftarkan bisnis Anda ke pasar. Anda perlu meningkatkan profil bisnis Anda karena itu mempengaruhi citra produk Anda.

Anda harus melakukan copywriting untuk menarik minat konsumen agar membeli produk Anda. Jangan lupa untuk mengaktifkan CalltoAction untuk meningkatkan tingkat konversi Anda.

4. Apakah Digital Marketing Mahal?

Tidak ada tarif mahal atau murah untuk pemasaran digital karena tergantung pada jenis pemasaran digital yang Anda gunakan. Karena beberapa jenis digital marketing gratis dan murah. Ada juga bentuk pemasaran digital yang mahal dan lebih mahal dalam jangka panjang.

Misalnya, jika Anda menggunakan SEM, Anda perlu membuat anggaran. Semakin banyak pengguna mengklik situs web bisnis Anda, semakin banyak komisi yang harus Anda bayarkan. Di sisi lain, jika Anda menggunakan SEO, Anda perlu mengoptimalkan konten situs web Anda agar muncul di halaman depan secara gratis.

Anda juga harus mempertimbangkan pengeluaran yang Anda keluarkan untuk promosi dan pendapatan yang Anda peroleh. Ini akan membantu Anda menemukan saluran pemasaran digital yang tepat untuk bisnis Anda! Jadi, jangan takut dan berani mempromosikan bisnis Anda!

Artikel Terkait
Glints vs Qneksi. Platform mana yang terbaik untuk mencari kerja?
Hiring
Glints vs Qneksi. Platform mana yang terbaik untuk mencari kerja?
Catatan! Ini dia 6 tips mencari pekerjaan di masa pandemi
Hiring
Catatan! Ini dia 6 tips mencari pekerjaan di masa pandemi