Isi Artikel

Ada banyak cara untuk mendapatkan hasil terbaik dari pemasaran rujukan. Salah satunya adalah pembuatan kampanye rujukan. Pemasaran rujukan itu sendiri adalah sistem pemasaran yang melibatkan pengenalan konsumen kepada pembeli potensial lainnya. Sebenarnya, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk mengubah konsumen menjadi promotor gratis.

Perusahaan juga perlu memastikan bahwa kepuasan pelanggan berada di urutan teratas. Hal ini dapat dicapai melalui proses yang panjang dengan banyak perubahan di sana-sini, tergantung pada kebutuhan pelanggan. Anda juga dapat membuat kampanye rujukan untuk mendidik konsumen lebih banyak dan pada akhirnya membagikan lebih banyak informasi. Nah, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat kampanye rujukan yang sukses:

Pastikan referrer mendapatkan imbalan

Saat membuat kampanye rujukan dari semua jenis, pastikan bahwa semua pelanggan yang berpartisipasi dalam program diberi penghargaan. Reward digunakan di sini untuk meningkatkan antusiasme dan keinginan konsumen untuk menyebarluaskan informasi tentang merek dan produk. Kompensasi ini tidak berarti harus dalam bentuk uang, tetapi dapat diubah sesuai dengan kinerja perusahaan. Hal termudah untuk dilakukan adalah menjanjikan konsumen yang menjadi anggota program rujukan diskon pembelian dengan nilai nominal tertentu. Namun, pastikan reward yang Anda tawarkan bisa menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, jika banyak perusahaan lain menawarkan diskon 10%, Anda dapat menawarkan diskon yang lebih besar atau menyederhanakan persyaratan pembelian Anda.

hiring

Sebarluaskan informasi tentang referral campaign

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye rujukan Anda, pastikan bahwa informasi tentang kampanye rujukan Anda menjangkau konsumen di semua tingkatan. Oleh karena itu, mulai dari pemasangan poster dan spanduk di toko-toko, pemasangan iklan dengan iklan luar ruang seperti poster, iklan melalui media cetak dan elektronik, dan yang terpenting, Internet. Internet memungkinkan Anda untuk menyebarkan informasi secara luas dan cepat. Mulailah dengan situs web, media sosial, dan email perusahaan Anda untuk memastikan kampanye rujukan Anda terdengar.

Buat referral program yang mudah untuk diikuti

Saat membuat program pemasaran rujukan, cobalah untuk membuatnya sesederhana mungkin. Pikirkan tentang karakteristik konsumen yang berbeda, terutama jika target pasarnya cukup tua. Dari sudut pandang konsumen, lihat apakah sebagian besar konsumen Anda berusia tua. Tentu saja, Anda tidak dapat berpartisipasi dalam program rujukan yang dibuat di media sosial. Anda dapat menyesuaikan ini dengan menjalankan program rujukan bersama dengan jalan sehat atau acara pelatihan untuk memudahkan konsumen mengikuti kampanye Anda. Di sisi lain, jika sebagian besar konsumen berusia muda, media sosial adalah pilihan terbaik untuk menjalankan kampanye rujukan.

Berikan edukasi kepada seluruh karyawan mengenai referral campaign perusahaan

Edukasi kepada karyawan mengenai referral campaign yang Anda buat penting untuk dilakukan, terlepas dari apa posisi karyawan tersebut. Saat perusahaan mengadakan suatu event, seluruh karyawan minimal harus mengetahui informasi detail tentangnya. Anda tak akan pernah tahu jika suatu saat ada konsumen yang tiba-tiba bertanya mengenai informasi referral campaign kepada salah seorang karyawan. Jika tak bisa menjawabnya, maka tentu akan muncul impresi negatif terhadap brand Anda.

Nah, cobalah melakukan setiap hal tersebut dengan maksimal untuk menyukseskan referral campaign yang Anda buat. Semoga berhasil!

Artikel Terkait
Glints vs Qneksi. Platform mana yang terbaik untuk mencari kerja?
Hiring
Glints vs Qneksi. Platform mana yang terbaik untuk mencari kerja?
Catatan! Ini dia 6 tips mencari pekerjaan di masa pandemi
Hiring
Catatan! Ini dia 6 tips mencari pekerjaan di masa pandemi